Akankah Garuda Jadi The Next Merpati?

hazonyeshaya.org > Data > Akankah Garuda Jadi The Next Merpati?
akankah-garuda-jadi-the-next-merpati-1

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

Jakarta

Kondisi maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sangat mengkhawatirkan. Maskapai pelat merah ini terlilit pinjaman hingga kerugian bulanan dengan cukup besar.

Saking parahnya, Garuda menunjukkan pensiun dini kepada karyawannya. Bahkan yang terbaru, komisaris sampai menolak terima perolehan untuk meringankan beban perusahaan.

Garuda benar bernasib buruk. Tapi masih ada maskapai pelat abang lain yang lebih bernasib buruk yakni PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) ataupun MNA yang kini tumbuh segan mati tak suka. Pertanyaannya, apakah Garuda mau menyusul Merpati?

Pengamat Penerbangan Gerry Soejatman mengatakan, kondisi Garuda mampu dibilang mengkhawatirkan. Namun, kedudukan Garuda saat ini bertentangan dengan apa yang menimpa Merpati.

Garuda Indonesia terpukul karena pasar yang ambruk dampak lantaran pandemi COVID-19. Hal tersebut membuat penumpang tidak suntuk yang kini di kisaran 30-40%. Sementara, armada serta karyawan yang bekerja sedang normal. Hal ini sahih menimbulkan kerugian pada Garuda.

“Kalau waktu Merpati, bedanya kondisi rekan masih normal. Dia menjalani kerugian bertumpuk-tumpuk, utang bertumpuk, tidak ada restrukturisasi yang besar-besaran seperti di Garuda di tahun 2000. Maka beda lah ya, ” katanya kepada detikcom , Jumat (4/6/2021).

Namun, ia tak menepis jika Garuda bisa senasib dengan Merpati jika tidak ada langkah-langkah yang diambil pemerintah. Jadi, Garuda tetap mengalami tekanan walaupun pasar telah sembuh.

“Cuma apakah ini bisa menjadi sesuai Merpati, ya bisa, jika tidak ada langkah-langkah yang diambil pemerintah, ini deeb burden ini akan menjelma terlalu besar sehingga ketika pasar recover, ketika demand balik ke 100%, penumpang normal lagi, harga tiket sudah normal lagi, dan lain-lain, takutnya Garuda sedang terkendala masalah utangnya. Siap ini yang mesti dipikir ke depannya, ” paparnya.