Di Peresmian Patimban, Jokowi: Priok Sudah Bikin Macet Jakarta-Bekasi

hazonyeshaya.org > Data > Di Peresmian Patimban, Jokowi: Priok Sudah Bikin Macet Jakarta-Bekasi
Di Peresmian Patimban, Jokowi: Priok Sudah Bikin Macet Jakarta-Bekasi

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Jakarta

Pelabuhan Internasional Patimban hari ini resmi beroperasi. Peresmian pelabuhan yang berada di Subang, Jawa Barat itu dilakukan lakukan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan proyek pelabuhan ini memiliki peran strategis dalam meningkatkan perekonomian baik di Jawa Barat maupun nasional pada umumnya.

“Di tengah-tengah pandemi ini salah satu proyek strategis nasional yaitu pembangunan Pelabuhan Patimban fase pertama telah kita selesaikan, alhamdulillah,” ucapnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (20/12/2020).

Jokowi menjelaskan, Pelabuhan Internasional Patimban sendiri akan memperkuat keberada Pelabuhan Tanjung Priok. Menurutnya pelabuhan yang berada di kawasan utara Jakarta itu sudah terlalu padat dan menimbulkan kemacetan.

“Berfungsi untuk memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok yang sekarang ini sudah terlalu padat, serta telah menimbulkan kemacetan di ruas jalan Bekasi-Jakarta, Jakarta-Bekasi,” tuturnya.

Meski memiliki peran yang sama dengan Pelabuhan Tanjung Priok, pemerintah sering kali menegaskan bahwa Pelabuhan Patimban hadir bukan untuk menjadi pesaing, melainkan pelengkap. Pelabuhan itu juga diharapkan bisa menjadi motor penggerak ekonomi baru.

“Dengan lokasinya yang strategis di antara Bandara Kertajati dan kawasan industri di Bekasi, di Karawang dan di Purwakarta, saya yakin keberadaan Pelabuhan Patimban ini akan menjadi kunci penghubung antara kawasan. Seperti industri manufaktur, pariwisata dan sentra-sentra pertanian, serta menopang percepatan ekspor,” kata Jokowi.

Pada fase pertama ini Pelabuhan Patimban sudah siap melayani ekspor impor hingga 3,75 juta peti kemas. Di tahap ketiga nantinya pelabuhan ini bisa melayani hingga 7 juta peti kemas.

“Dengan kapasitas car terminal sebesar 218 mobil CBU dan nantinya 600 ribu kendaraan dan akan meningkatkan ekspor otomotif kita ke pasar global,” tuturnya.

Simak Video “Jokowi Minta Pembangunan Pelabuhan Patimban Dikebut
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)