Digelar Saat Pandemi Corona, Begini Penggolongan Debat Capres AS

hazonyeshaya.org > Data > Digelar Saat Pandemi Corona, Begini Penggolongan Debat Capres AS
Digelar Saat Pandemi Corona, Begini Penggolongan Debat Capres AS

Cleveland

Debat calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) digelar saat pandemi virus Corona (COVID-19) masih merajalela. Sejumlah pembatasan pun diberlakukan di arena debat capres di Cleveland, Ohio, mulai dari tidak tersedia jabat tangan hingga jumlah penonton yang dibatasi.

Seolah-olah dilansir CNN , Rabu (30/9/2020), capres petahana Donald Trump dari Partai Republik dan penantangnya, Joe Biden, dari Kelompok Demokrat akan berhadapan dalam pikiran perdana yang digelar di Case Western Reserve University, Cleveland, di Selasa (29/9) malam waktu setempat atau Rabu (30/9) pagi masa Indonesia.

Debat akan berlangsung selama 90 menit. Chris Wallace dari Fox News akan menjadi moderator dalam pikiran capres ini.

Diskusi capres pertama ini akan dibagi menjadi enam segmen, yang berisi atas rekam jejak Trump dan Biden, isu Mahkamah Agung, perkara pandemi Corona, isu perekonomian, soal integritas pemilu dan soal ‘ras dan kekerasan’ yang marak pada kota-kota AS.

Mengingat pandemi Corona masih merajalela di AS, maka ada sejumlah penyesuaian yang dilakukan dalam debat capres GANDAR ini. Pertama, tidak ada jabat tangan. Trump dan Biden tidak akan berjabat tangan pada depan maupun akhir debat.

Penasihat senior Komisi Debat Kepala AS, Peter Eyre, menyatakan para capres juga tidak akan tangan tangan dengan moderator, Chris Wallace dari Fox News. Namun zaman kedua capres dan moderator ada di atas panggung debat, itu tidak akan memakai masker.

Kedua, jumlah penonton sangat dibatasi. Debat capres AS identik dengan kemeriahan dan kehadiran pendukung juga penonton yang meriah. Tetapi untuk kali ini, jumlah penonton yang hadir di arena debat akan lebih sedikit dari sebelumnya karena ada pembatasan.

Semua orang yang menghadiri tepat debat capres ini di Cleveland harus menjalani tes Corona & mematuhi protokol kesehatan lainnya. Frank Fahrenkopf dari Komisi Debat Pemimpin AS menuturkan kepada CNN bahwa lazimnya ada 900 orang hingga satu. 200 orang yang menghadiri debat capres.