Erick Thohir Ungkap Penyebab Garuda ‘Berdarah-darah’, Gara-gara Apa?

hazonyeshaya.org > Data > Erick Thohir Ungkap Penyebab Garuda ‘Berdarah-darah’, Gara-gara Apa?
erick-thohir-ungkap-penyebab-garuda-berdarah-darah-gara-gara-apa-1

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

Jakarta

Pemerintah tengah berupaya menyelamatkan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang kondisi ‘berdarah-darah’ saat ini. Ada sejumlah penyebab yang membuat kinerja kongsi ini terpuruk.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, masalah terbesar Garuda ialah terkait penyewa udara (lessor). Saat ini, ada 36 lessor yang tengah dipetakan ulang, mana selalu yang mau diajak kerja sama di dalam urusan yang terbukti koruptif.

“Tapi kita juga mesti jujur ada lessor yang tidak ikutan dengan kasus itu, tetapi di hari ini kemahalan karena ya kondisi. Nah itu yang kita juga harus negosiasi ulang. Nah beban terberat saya rasa itu, ” kata Erick di rapat kerja dengan Komite VI, Kamis (3/6/2021).

Beban kedua yaitu terkait dengan bisnis ideal. Dia mengatakan, berdasarkan keterangan yang ada, sebanyak 78% merupakan perjalanan domestik, sementara sisanya 22% merupakan kunjungan luar negeri. Menurutnya, Garuda Indonesia lebih baik pokok di domestik. Untuk penerbangan luar negeri bisa bergerak sama dengan pihak asing.

“Karena benar banyak negara yang benar harus melakukan ekspansi universal karena memang negaranya sepulau atau setitik. Kita ya nggak perlu dengan kekuatan domestik kita bermain dengan market yang sama dengan mereka karena itu beda usaha model, ” terangnya.

Erick bilang, pihaknya telah bicara dengan Gajah Perhubungan dan memberikan pertolongan jika tidak semua bandara terbuka dengan maskapai aneh. Apalagi di tengah pandemi COVID-19.

Lanjut halaman berikutnya.