Luhut Buka-bukaan Ada 200 Ribu Orang Mau Liburan ke Bali

hazonyeshaya.org > Data > Luhut Buka-bukaan Ada 200 Ribu Orang Mau Liburan ke Bali
Luhut Buka-bukaan Ada 200 Ribu Orang Mau Liburan ke Bali

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Jakarta

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan minat masyarakat untuk berwisata sangat tinggi. Meski begitu, saat ini dia tidak ingin banyak masyarakat berwisata.

Pasalnya dengan banyaknya pergerakan masyarakat yang berwisata ada ancaman dari sikap tidak disiplin pada protokol kesehatan. Dia mengaku memang saat ini pemerintah mengurangi masyarakat untuk berwisata.

“Kita masih wisata dalam negeri karena wisata dalam negeri kita itu 85%, sekarang malah kita kurangin jangan terlalu cepat dulu, nanti malah bahaya kan. Kalau terus dibuka nanti nggak ada disiplin naik lagi kasusnya, maka mesti dipahami,” jelas Luhut di sela acara Indonesia-China Investment Forum di Sumatera Utara, Jumat (18/12/2020).

Dia mengaku sempat khawatir ada 200 ribu orang yang mau berkunjung ke Bali selama 10 hari. Maka dari itu saat ini pemerintah melakukan sedikit pengetatan perjalanan wisata.

Luhut tidak ingin kasus Corona di Bali meningkat. Justru menurutnya saat ini kasus di Bali meskipun tinggi tapi relatif terkendali.

“Kemarin banyak orang mau ke Bali itu sudah lebih dari 200 ribu orang selama 10 hari, maka sekarang kita ketatin sedikit. Kalau nggak gitu nanti gimana? Bali naik lagi kasusnya, ini kan Bali sekarang relatif sangat baik,” ujar Luhut.

Adapun, salah satu upaya pengetatan di Bali adalah dengan mewajibkan tes PCR untuk para pelancong yang mau masuk Bali dengan pesawat udara. Lalu kewajiban rapid test antigen untuk ke Bali dengan jalur darat.

Sebelumnya, kedua tes itu wajib dilakukan dua hari sebelum perjalanan ke Bali. Namun, belakangan dilonggarkan menjadi H-7 perjalanan ke Bali.

(ara/ara)