Suami-Mertua Dibui 3 Tahun Atas Pembunuhan Wanita, Publik China Marah

hazonyeshaya.org > Data > Suami-Mertua Dibui 3 Tahun Atas Pembunuhan Wanita, Publik China Marah
Suami-Mertua Dibui 3 Tahun Atas Pembunuhan Wanita, Publik China Marah

Beijing

Publik China marah untuk hukuman ringan yang dijatuhkan terhadap seorang suami dan mertua dengan membunuh seorang wanita gara-gara tidak bisa mengandung anak. Sang suami dan mertua wanita itu cuma dijatuhi hukuman 3 tahun tangsi oleh pengadilan setempat.

Seperti dilansir CNN , Sabtu (21/11/2020), korban dengan berusia 22 tahun baru menikah dengan suaminya selama 6 bulan, ketika dia dipukuli hingga mati oleh suaminya sendiri bersama ayah mertua dan ibu mertuanya. Aksi keji itu dilakukan karena objek tidak mampu mengandung anak.

Laporan kantor berita China, Xinhua News Agency , korban yang oleh salinan pengadilan hanya disebut bermarga Fang dinyatakan meninggal dunia pada 31 Januari 2019.

Dalam persidangan kasus ini yang digelar dalam pengadilan Yucheng di Provinsi Shandong, terungkap bahwa sang suami dan mertua menganiaya korban, tidak memberinya makan dan membiarkan korban beruang di luar rumah di pusat suhu membekukan pada musim sejuk sebagai bentuk hukuman.

Sidang pada Januari tahun morat-marit menyatakan suami dan mertua objek bersalah atas tindak penganiayaan — dakwaan yang dijeratkan dalam urusan pembunuhan saat pelakunya adalah bagian keluarga dari korban. Dakwaan tersebut memiliki ancaman hukuman maksimum 7 tahun penjara.

Suami dan mertua korban kemudian dijatuhi vonis antara dua hingga 3 tahun penjara.

Menurut dokumen putusan yang dipublikasikan tulisan kabar People’s Daily , pengadilan memutuskan untuk memerosokkan hukum lebih ringan karena ‘setiap terdakwa dapat dengan jujur mengiakan fakta yang relevan atas kedurjanaan tersebut, yang menjadi pengakuan, serta menunjukkan penyesalan’.

Ketentuan tersebut memicu kemarahan publik dengan nasional dan memicu perdebatan besar soal masalah sosial yang menyelimuti tindak kekerasan terhadap wanita. Di April lalu, persidangan ulang telah diperintahkan untuk digelar namun tersebut tidak mampu meredam kemarahan umum.

Tonton gambar ‘Perkara Sakit Hati-Nikah Motif Adik Bunuh Kakak di Kontrakan Depok’:

[Gambas:Video 20detik]