WHO: Rp 10 T Terkumpul buat Program Vaksin Corona Negara Bangsat

hazonyeshaya.org > Data > WHO: Rp 10 T Terkumpul buat Program Vaksin Corona Negara Bangsat
WHO: Rp 10 T Terkumpul buat Program Vaksin Corona Negara Bangsat

Harare semrawut

Para donatur universal telah mengumpulkan US$ 700 juta (Rp 10, 4 triliun) buat membeli vaksin virus Corona (COVID-19) bagi negara-negara miskin. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa nilai itu masih kurang dari separuh dari total target yang ditetapkan.

Seperti dilansir Reuters , Jumat (11/9/2020), penggalangan dana ini merupakan periode dari inisiatif global untuk mengisbatkan vaksin Corona nantinya tidak cuma disalurkan ke negara-negara kaya. Agenda ini memiliki target awal sebesar Rp 29, 9 triliun buat membeli vaksin Corona bagi negara-negara miskin.

“Hingga hari ini, yang telah dikumpulkan sejauh ini adalah US$ 700 juta… Jadi ada banyak pekerjaan gembung yang harus dilakukan untuk mendiversifikasi kemungkinan sumber pendanaan, ” sebut Direktur Original Afrika untuk WHO, Matshidiso Moeti, dalam konferensi pers virtual.

Program bernama COVAX Advanced Market Commitment ini dipimpin bersama oleh GAVI Vaccine Alliance, WHO dan CEPI atau Coalition for Epidemic Preparedness Innovations . Tujuan dari kalender ini adalah memberikan 2 miliar dosis vaksin Corona yang efektif dan disetujui pada akhir tarikh 2021.

Moeti membuktikan bahwa setidaknya delapan negara Afrika, termasuk Afrika Selatan, Gabon, Namibia dan Equatorial Guinea sepakat untuk mendanai sendiri akses pada vaksin Corona.

Bulan semrawut, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Keburukan Afrika menyatakan bahwa benua Afrika mulai perlahan-lahan ‘membengkokkan’ penularan Corona, dengan langkah-langkah seperti wajib memakai masker dan aturan social distancing bisa memperlambat penyebaran virus tersebut.

(nvc/ita)